Selasa, 03 April 2012

Rent Car


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Membangun bisnis rental mobil tidaklah mudah dan seperti yang kita bayangkan, karena banyak sekali hal yang harus di perhatikan, namun jika melihat keuntungan yang di hasilkan oleh bisnis ini tentunya suatu kepuasaan tersendiri karena laba yang dihasilkan dari usaha ini dapat dikatakan cukup menjanjikan.
Sebagai contoh, dapat kita lihat usaha jasa rent car yang sekarang sudah berkembang pesat dan terkenal di negeri ini. Mereka adalah TRAC dan Adira. Astra Rent A Car (TRAC) berasal dari nama Toyota Rent A Car, merupakan tempat sewa mobil ( rental mobil ) dari perusahaan Astra group. TRAC kini telah memiliki kantor cabang dimana-mana hampir di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Bali sama halnya dengan PT Adira rent car yang merupakan pesaingnya.
Dua perusahaan itu juga harus bersaing dengan usaha jasa rent car local yang menjamur di Bali yang memiliki berbagai produk yang variatif dan keunggulan masing masing agar menarik konsumen sebanyak mungkin. Maka dari itu, atmosfer persaingan usaha jasa rent car ini memiliki kompetisi yang sangat ketat, dan harus mengikuti tren yang sedang berkembang di lingkungan konsumen.
Jadi jika kita ingin membuka jasa rental mobil dan ingin agar usaha jasa rental mobil kita dapat berkembang seperti dua jasa Rent Car di atas. Pertama kita harus mengetahui beberapa hal utama yang harus diketahui oleh semua orang yang ingin membuka jasa rental mobil. Termasuk mengetahui perkembangan dan trend jasa rental mobil yang ada sekarang ini dan nantinya dapat melakukan forecast agar usaha kita dapat berkembang lebih cepat.


1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana mendirikan usaha jasa Rent Car ?
2. Bagaimana tren usaha jasa Rent Car sekarang ini ?
3. Bagaimana pengelolaan resiko dalam usaha jasa  Rent Car?

1.3 Tujuan
1. Dapat mengetahui bagaimana mendirikan usaha jasa Rent Car
2. Mengeahui bagaimana trend usaha jasa Rent Car sekarang ini
3. Mengetahui apa saja yang dapat dilakukan agar dapat meminimalisir resiko dalam penyewaan rent car.


BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Pendirian Usaha Jasa Rent Car
Usaha rental mobil adalah bisnis yang menawarkan jasa penyewaan mobil kepada pihak yang membutuhkan, baik perorangan, maupun perusahaan. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap maintenance mobil, namun anda sebagaipemilik sangat berkepentingan terhadap kondisi mobil rental anda. Karena itu, kunci sukses dari usaha rental mobil murah adalah menjaga biaya-biaya perawatan mobil untuk selalu lebih rendah.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mencoba berwirausaha rental mobil. Berikut ini hal yang harus di perhatikan :
Modal
Membangun usaha rental mobil Jakarta seperti ini sangat dibutuhkan modal yang cukup banyak dan tidak kecil, karena modal tersebut di gunakan untuk pembelian mobil baik itu mobil baru atau mobil bekas, biaya perawatan mobil, biaya rental tempat usaha(bagi Anda yang tidak punya tempat usaha sendiri) dan biaya operasional lainnya. Jika Anda tidak mempunyai cukup modal Andabisa mengajak teman untuk join atau bisa juga mengajukan pinjaman kepada bank (tapi untuk kedua hal ini Anda harus mempunyai kertas kontrak / hitam di atas putih agar terhindar dari hal – hal yang tidak di ingginkan)
Analisa Pasar
Anda harus pintar menganalisa pasar atau target yang akan telah menjadi sasaran dari usaha rental rental mobil murah yang akan Anda dirikan selain itu juga harus pintar menganalisa dari kompetitor yang memiliki jenis usaha yang sama dengan Anda. Hal yang paling penting dalam menganalisa pasar, anda harus mengetahui selera dan kebutuhan konsumen. Biasanya, konsumen leih suka dengan mobil yang berkapasitas banyak, misalnya Kijang, Panther, AVP  dll.
Lokasi Usaha
Anda harus pintar dalam mencari tempat untuk usaha yang akan Anda dirikan nanti, carilah tempat usaha yang memang belum ada atau masih sedikit jasa perusahaan rental mobil hal ini membantu mengurangi kompetitor dari usaha Anda. Apabila anda menyasar tempat usaha yang sudah banyak terdapat usaha ini, anda harus meilih lokasi usaha yang paling dekat dengan konsumen anda, agar jasa yang anda jual cepat sampai ke tangan konsumen dan tidak di dahului oleh pesaing lain.
Mobil
Pilihlah mobil yang biaya operasionalnya kecil, harga suku cadangnya relative murah dan biaya perawatannya rendah. Ini akan menghemat biaya operasional Anda.  Manfaatkan jasa asuransi untuk melindungi mobil Anda dari berbagai resiko. Jika bisnis Anda telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa mencari tambahan modal untuk menambah mobil atau sekedar mengajak teman Anda yang memiliki mobil untuk bekerjasama. Sangat diperlukan juga kerjasama dengan bengkel atau montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil Anda. Agar memperoleh harga yang lebih murah

Tenaga Ahli
Kita harus merekrut tenaga ahli yang cukup berpengalaman di bisnis rental mobil, salah satu contohnya adalah carilah supir yang memiliki pengalaman yang banyak dan memiliki track record yang baik. Agar si klien nyaman dengan memakai jasa kita dan jika klien bertanya dengan supir mengenai arah dan tujuan yang baik si supir dapat menjelaskan dengan cepat, tanggap dan lengkap.
Manajemen dan Perijinan
Mendirikan usaha jasa Rent Car juga memerlukan manajemen, pelayanan terbaik, izin dan sertifikat yang kuat dan solid agar si klien betah dan nyaman menggunakan jasa sewa mobil Anda. Harus mempunyai manajemen administrasi yang jelas dan lengkap, sehingga data diri para konsumen dapat dilihat dan dilacak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan
Konsumen
Carilah konsumen dari perusahaan atau instansi, agar bisa dijadikan sebagai pelanggan tetap yang selalu memakai jasa rental mobil anda. Karena selain lebih aman, penghasilan yang anda dapatkan akan lebih teratur sehingga cashflow usaha anda akan lebih lancar, meskipun hasilnya mungkin tidak sama besarnya dengan anda menyewakan kepada konsumen biasa. Apabila anda lebih berkonsentrasi pada konsumen yang bukan dari instansi, kita harus pintar dalam mengidentifikasi latar belakang konsumen tersebut agar dapat meminimalisir resiko jika terjadi permasalahan dalam penyewaan mobil.
Evaluasi
Selalu mengevaluasi setiap akhir bulan atau akhir tahun dari usaha yang sudah Anda bangun agar alur dana yang keluar jelas dan tidak tercampur dengan laba dari usaha yang Anda bangun. Melakukan administrasi yang lengkap dan tertib, seperti atatan data-data pelanggan, catatan barang inventaris kantor, catatan keluar masuknya uang/ hari (buku kas harian), dll.
Mental Pemenang
Milikilah mental pemenang yaitu mental yang tidak mau menyerah, tidak mudah putus asa dan selalu optimis kedepan, kenapa saya bilang hal itu karena mental seperti pemenang lah yang di butuhkan oleh wirausahawan sejati karena saat Anda memutuskan menjadi seorang wirausaha tentunya Anda akan menghadapi resiko, rugi dan kecewa pada awal usaha yang akan Anda buat. Belajarlah dari setiap kegagalan karena kegagalan adalah kesuskesan yang tertunda.
Perencanaan dan pengendalian keuangan, dengan cara :
1. Proyeksi arus kas (jangan lupa masukkan biaya cadangan penyusutan kendaraan),
2. Melakukan administrasi dan pembukuan yang tertib, seperti catatan data-data pelanggan, catatan barang inventaris kantor, catatan keluar masuknya uang/ hari (buku kas harian), dan lain-lain,
3. Catatan laba rugi/ bulanan,
4. Catatan neraca/ bulan.

Perencanaan strategi pemasaran, termasuk di dalamnya :
1. Kebijakan penetapan harga sewa jasa rental mobil serta cara pembayaran,
2. Penentuan target market, masyarakat dari kelas ekonomi apakah yang menjadi sasaran anda,
3. Variasi jasa yang ditawarkan untuk memberi nilai lebih pada rental mobil anda,
4. Promosi, untuk menarik perhatian konsumen.
Administrasi yang tertib serta legalitas dari kontrak perjanjian sewa kendaraan cover resiko kerugian kendaraan dengan asuransi mobil. Semoga sukses dengan bisnis rental mobil anda.

2.2 Sistem Penyewaan Mobil
Belakangan ini penyewaan kendaraan yang kita jumpai sering kali terlihat tidak teratur. Ini disebabkan oleh pendataan yang dilakukan secara manual dalam artian pada suatu pendataan pembukuan masih tersimpan dalam kumpulan berkas, yang mungkin saja hal ini dapat menyebabkan adanya kekurangan – kekurangan atau kesalahan yang dilakukan oleh petugas bagian penyewaan seperti kurangnya informasi mengenai mobil yang disewa apakah sudah dikembalikan atau belum, dan untuk mencari type atau merk mobil yang diinginkan memerlukan waktu yang cukup lama ataupun bias saja data tersebut hilang sehingga perlu dilakukan pencatatan kembali yang tidak sedikit.

Kemajuan teknologi saat ini dapat membantu dalam pengolahan data, dimana pada kenyataan ini komputer sangat diperlukan, mengingat data yang dibutuhkan memerlukan format dan laporan yang baik dan tepat. Sejalan dengan teknologi komputer hampir setiap sektor, instansi atau perusahaan banyak meggunakan komputer dalam kegiatannya. Demikian juga dengan proses penyewaan kendaraan mobil, dimana perangkat komputer sangat dibutuhkan, guna memudahkan membuat laporan atau dokumen serta arsip dan data operasional lainnya yang sangat berguna untuk membantu para pekerja sehari - harinya. Karena Rental Kendaraan Mobil pada saat sekarang ini sama pentingnya dengan tehnologi komputer hampir disetiap sektor, instansi atau perusahaan maupun pribadi banyak memerlukan alat transportasi kendaraan mobil guna melancarkan usahanya. Dengan adanya pemakaian Sistem Penyewaan Mobil yang telah terkomputerisasi banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti informasi yang tersedia dapat diketahui dengan cepat dan tidak akan terjadi penyewaan mobil pada merk atau type dan nomor polisi yang sama oleh pelanggan lain dan juga dapat mengetahui dengan cepat apakah mobil yang disewa tersebut sudah dikembalikan atau belum serta waktu yang diperlukan lebih efisien.

Perusahaan yang bergerak dalam jasa penyewaan mobil membutuhkan perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi bisnis sewa mobilnya. Perusahaan ini tidak memiliki cabang di tempat lain, sehingga perangkat lunak tadi hanya akan digunakan sendiri. Perusahaan hanya menyewakan mobil penumpang, bukan mobil barang atau yang lain.

Perangkat lunak yang dibangun akan difokuskan kepada pengelolaan transaksi penyewaan
mobil yang meliputi:

1. Pendaftaran anggota. Seseorang hanya dapat menyewa mobil jika sudah terdaftar
sebagai anggota. Saat mendaftar, seseorang juga diminta memberikan jaminan.

2. Pencatatan pembayaran sewa mobil. Pembayaran hanya dilakukan secara tunai dan
biaya penyewaan bisa bervariasi untuk setiap jenis mobil yang disewa.

3. Pengelolaan data ketersediaan mobil yang dimiliki perusahaan untuk disewakan serta
perawatan mobil.

4. Pengelolaan (penambahan, pengurangan, atau pengeditan) data anggota serta sopir
(penyewa mobil dapat memakai jasa sopir dari perusahaan jika diperlukan).


Selain itu, perangkat lunak diharapkan juga dapat menangani:

1. Pencetakan slip transaksi penyewaan mobil.
2. Pemesanan mobil (reservation). Perusahaan menyediakan layanan pemesanan mobil
melalui telepon.
3. Administrasi keuangan terutama untuk keseluruhan biaya operasional perusahaan dan
biaya perawatan mobil.

2.3 Perkembangan Usaha Jasa Rent Car
Tidak mudah memang dalam menjaga “keeksisan” sebuah usaha jasa rent car karena persaingannya yang begitu ketat dewasa ini. Maka dari itu sebuah perusahaan rent car harus pintar-pintar dalam melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan juga trend yang sedang berkembang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Salah satu trend dalam usaha jasa rent car yang sedang menjadi trending topic dewasa ini adalah usaha jasa penyewaan mobil mewah. Usaha jasa penyewaan mobil mewah ini membidik kalangan masyarakat menengah ke atas. Bisnis penyewaan mobil mewah adalah bisnis yang mengiurkan dan menguntungkan karena penyewa mobil mewah biasanya adalah orang-orang berkantong tebal dan juga perusahaan besar. Mereka menyewa mobil mulai dari sistem harian sampai bulanan
Beragam mobil mewah biasa disewakan jasa rental, seperti Toyota Alphard, Toyota Harrier, Toyota Fortuner, Nissan Serena, Mercedes Benz C*Class, E*Class, Toyota Camry hingga Jaguar. Seiring kebutuhan masyarakat, usaha sewa mobil mewah sudah merupakan hal yang lumrah. Konsumen mobil mewah datang dari beragam kebutuhan. Ada yang membutuhkan mobil mewah untuk digunakan sebagai mobil pengantin dan besan dalam
Konsumen memerlukan mobil mewah untuk menjaga gengsi. Misalnya pejabat atau pengusaha, memerlukan mobil mewah untuk bertemu klien atau rekanan bisnis. Orang yang mengendarai mobil mewah dianggap memiliki posisi tawar yang tinggi dalam suatu bisnis. Pertimbangan tersebut membuat banyak konsumen menggunakan jasa rental mobil. Dengan membayar uang sewa, semua urusan selesai. Sebab, tarif sewa mobil yang ditetapkan sudah mencakup segala sesuatunya.
Beberapa rental ada yang mengkhususkan diri di bisnis penyewaan mobil mewah ini. Mereka melihat peluang yang cukup besar dalam bisnis sewa mobil mewah ini. Seperti telah diutarakan sebelumnya bahwa konsumen ekenomi atas membutuhkan jasa sewa mobil mewah.
Seperti jenis rental mobil jakarta lainnya, aturan tarif mobil mewah pun disesuaikan dengan waktu sewanya. Biasanya, mobil mewah disewakan berikut sopir dengan tidak menggunakan sistem lepas kunci. Hal ini untuk menjaga keamanan mobil.
Mobil-mobil mewah seperti Toyota Alphard ternyata tidak hanya bisa disewa dengan sistem per jam atau per hari. Mobil mewah ini pun bisa disewa dengan hitungan per bulan. Tentunya dengan banderol harga yang tidak murah. Untuk sewa per bulan, mobil mewah dihargai 19 sampai dengan 23 juta rupiah.

2.4 Resiko Usaha Jasa Rent Car
Pada umumnya, bisnis usaha jasa rent car merupakan bisnis yang sangat menjanjikan apabila pengelolaanya lancar, aman dan jelas. Tetapi resiko yang dihadapi juga tidak kecil, malah sedikit saja ketidaktelitian akan berhujung pada bangkrutnya usaha jasa rent car anda. Berikut contoh-contoh resiko yang ada hadapi dalam bisnis ini:
1.      Kerusakan mobil. Dapat terjadi dari pihak penyewa, supir, atau ausnya suku cadang mobil.
2.      Hilangnya mobil yand disewakan.
3.      Terjadi pemalsuan  surat kendaraan yang disewakan.

Resiko tersebut dapat kita minimalisir dengan cara :
1.      Sebelum melakukan transaksi penyewaan, kita harus mengetahui alasan an latar belakang konsumen dalam menyewa mobil kita.
2.      Meminta jaminan terhadap konsumen berupa KTP, SIM, atau surat berharga lainnya yang membuat kita dapat menghubungi konsumen secara langsung dan mudah.
3.      Memeriksa kondisi kendaraan yang akan disewakan sebelum digunakan oleh konsumen.
4.      Menyewakan sopir dalam penyewaan. Disini sopir merupakan control secara langung dari usaha bisnis anda.
5.      Membuat kontrak perjanjian yang point-pointnya berisi peraturan persewaan yang lebih menguntungkan penyedia jasa usaha rent car. Contoh: Bensin ditanggung oleh konsumen dan kerusakan mobil yang diakibatkan oleh konsumen wajib digani sebesar 75%.



BAB 3
PENUTUP
3.1     Kesimpulan
Bisnis Rent Car merupakan salah satu usaha yang menjajikan keuntungan yang tidak sedikit, akan tetapi selain memiliki keuntungan yang besar, bisnis ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Sering kali ada oknum yang tidak bertanggungjawab, sengaja membawa kabur mobil sewaan hingga dijual ke pihak lain. Belum lagi apabila terjadi kecelakaan, pihak pengusaha juga harus mengeluarkan budget untuk perbaikan.





3 komentar:

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus